ASSALAMUALAIKUM WR WB "SELAMAT DATANG DI Web DPW BKPRMI JAWA TIMUR" kirim saran anda ke email :bkprmi_jatim08@yahoo.co.id atau bkprmijatim@gmail.com contact person : Ustdz. Alfans Arianto (HP/WA 0856 5533 8299)
SEMARAK KAMPUNG RAMADHAN 2010 BKPRMI JATIM


SURABAYA, kabarbisnis.com: Kaum muda-mudi yang tergabung dalam Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jawa Timur dalam seminggu ini menyemarakkan Kampung Pemulung Keputih Tegal Timur Baru, Surabaya. Kegiatan ini tepatnya diselenggarakan di belakang area Tempat Pembuangan Sampah Keputih-Sukolilo.

Mereka menggelar aneka acara dalam rangka Ramadhan bertema unik seperti Kajebu (Kajian Jelang Buka), Bubar (Buka Bareng), Karebet (Kajian Remaja Bermanfaat), dan Barbequ Sale(Barang Bekas Berqualitas) yang melibatkan anak-remaja dan orang tua.

Buka Bareng warga diikuti sekitar 400 orang, dan yang lebih menarik, Pemuda Remaja masjid jual pakaian baru dan yang bekas berkualitas mulai Rp 500 hingga Rp 2.000.

"Hasil penjualan inipun diserahkan kepada masjid agar bisa dimanfaatkan untuk dakwah. Bahkan bagi yang tidak mampu diberikan gratis dengan memberi tebakan pada anak maupun orang tuanya, agar pakaiannya bisa dimanfaatkan," jelas Ketua Humas BKPRMI Jatim, Petrus Hariyanto, Minggu (5/9/2010).

Pusat kegiatan, jelas Petrus, yaitu di sekitar Masjid Al-Qomariyah dan Taman Bacaan Anggrek Bulan, aneka acara kian meriah di hari terakhir minggu (5/9), seperti dengan diberikannya penyuluhan dan pemeriksaan gigi bagi sekitar 100 anak, pengobatan gratis untuk 400 warga lima Rukun Tetangga (RT) di sana, serta penyerahan bantuan sembako bagi dhuafa manula dan santunan anak yatim.

Petrus mengungkapkan, acara ini diselenggarakan dengan dukungan sponsor seperti Badan Amil Zakat (BAZ) Jatim, Dompet Dhuafa, Yayasan Nurul Falah, Toko Buku Cahaya Amanah, Amanah Garmen, KJKS BMT Amanah Ummah, dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah. Semua lembaga ini mensupport pendanaan, dokter, perawat, apoteker, pakaian, sembako, menu buka puasa serta takjil.

"Acara Semarak Ramadhan di Kampung Pemulung Keputih selama seminggu ini bertujuan menciptakan desa/daerah binaan berbasis masjid, berbagi berkah Ramadhan Jelang lebaran, sekaligus memberi bukti bahwa masjid bisa menjadi pusat kegiatan, dakwah, dan bangkitnya perekonomian umat," imbuh Petrus.

Dengan target ini, lanjutnya, relawan pemuda remaja masjid kedepan berharap terus bisa melanjutkan pendampingan, pendidikan, penguatan agama dan perekonomian warga secara berkesinambungan, agar percontohan dari Masjid Al-Qomariyah di kawasan Keputih Tegal Timur Baru ini kian mandiri dan bisa menjawab kebutuhan masyarakatnya.

Menurut dia, sudah saatnya seluruh elemen masyarakat untuk turut menjawab kebutuhan masyarakat, apalagi sejalan dengan peningkatan perekonomian ummat, BAZ Jatim, Dompet Dhuafa, YDSF dan KJKS BMT Amanah Ummah siap membantu hal ini.

"Banyak peristiwa menarik yang dilami relawan selama seminggu berkegiatan di Keputih. Antara lain disetiap bubaran acara, tempatnya sudah bersih dulu dari sampah, karena sudah ada yang ngambil plastik dan kardusnya untuk dimanfaatkan,” imbuh Fuad, salah seorang panitia pelaksana kegiatan tersebut. kbc3